Pengaruh Peran Keluarga Dan Program Tahfizh Terhadap Penguatan Karakter Siswa Kelas VII Tahun 2021 Pada SMP Negeri 24 Padang

Mulyani, Shanti (2022) Pengaruh Peran Keluarga Dan Program Tahfizh Terhadap Penguatan Karakter Siswa Kelas VII Tahun 2021 Pada SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_SHANTI_MULYANI_18329084_6375_2022.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Pengaruh Penguatan Peran Keluarga (X1) dan Program Tahfiz (X2) terhadap Penguatan Karakter Siswa (Y). Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuisioner dan juga data sekunder menggunakan data-data yang sudah ada, baik dari sekolah ataupun dari sumber-sumber referensi yang digunakan. Data primer diambil dari 72 responden sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah para siswa kelas VII yang terdaftar di SMP 24 Padang Tahun 2021. Penetapan jumlah sampel menggunakan metode slovin. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas untuk melihat kualitas data, didapatkan bahwa semua indikator yang digunakan untuk mengukur kedua variabel dinyatakan valid karena memiliki nilai KMO > 0,5 dan dinyatakan reliabel karena memiliki nilai Cronbach alpha > 0,6. Dari uji asumsi klasik untuk menganalisis data, didapatkan bahwa semua data terdistribusi normal menggunakan P-Plot karena data tersebar disepanjang garis diagonal, dan juga terbebas dari gejala multikoloniaritas karena nilai tolerance > 0,1, dan nilai VIF < 10 dan juga terbebas dari gejala heterskedastisitas menggunakan scatterplot karena data tidak membentuk pola tertentu dan titik-titiknya menyebar tidak beraturan di atas dan di bawah sumbu 0 pada sumbu Y. Kedua variabel juga memehuhi syarat linearitas karena sudah memiliki nilai sig linearity adalah 0,000 < 0,05 dan nilai deviation from linearity adalah 0,559 > 0,05. Persamaan regresi yang didapatkan dengan alat uji adalah Y= 11,970 + 0,311 X1 + 0,302 X2 + e. Dan hasil uji hipotesis dari uji t didapatkan bahwa Penguatan Peran Keluarga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penguatan Karakter Siswa (Y) karena memiliki nilai t hitung 4,205 > 1,976 sebagai t tabel dan juga memiliki nilai sig 0,000< 0,05 sebagai standar alpha. Program Tahfiz (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penguatan Karakter Siswa (Y) karena memiliki nilai t hitung 3,425 > 1,976 sebagai t tabel dan juga memiliki nilai sig 0,001< 0,05 sebagai standar alpha. Begitupun secara simultan dengan uji f kedua varabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penguatan Karakter Siswa (Y) karena memiliki nilai sig 0,000 < 0,05 sebagai level off significancy atau alpha. Hasil uji R 2 menunjukkan bahwa kemampuan kedua variabel independen ini menjelaskan variabel dependennya adalah sebesar 39,8%, sedangkan 60,2% lainnya dijelaskan atau dipengaruhi oleh beberapa program dalam buku Penguatan Karakter Siswa yaitu Jurnal Pembiasaan Sikap Baik Siswa, Jurnal Ibadah Harian Siswa, Catatan Wirid Pagi Jumat, Program Literasi maupun faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahaman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGUATAN PERAN KELUARGA, PROGRAM TAHFIZ, PENGUATAN KARAKTER SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 May 2023 06:47
Last Modified: 29 May 2023 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44018

Actions (login required)

View Item View Item