Ramadhan, Rahmad
(2023)
Visual Merchandising Pemasaran
Coffee Shop Leven Coffee.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Leven Coffee merupakan sebuah kedai kopi yang bergerak di bidang Food and
Beverage (F&B). Didirikan pada tanggal 9 November 2020 oleh seorang mahasiswa
jurusan Hukum Universitas Andalas, asal Payakumbuh yang bernama Falky
Duvewilson. Nama Leven sendiri diambil dari bahasa Belanda (lei.ven) yang memiliki
arti hidup. Dari segi visual merchandising, sebagai pendukung elemen tata ruang coffe
shop Leven Coffee belum dapat memberikan informasi, dan komunikasi kepada target
audience melalui suasana yang merepresentasikan citra Leven Coffee, maka perlu
sebuah perancangan visual merchandising pemasaran sebagai bentuk pencitraan
suasana pada Leven Coffee cabang outlet ke-3. Pentingnya peran visual merchandising
dalam menciptakan suasana coffee shop sebagai salah satu strategi pemasaran. Tujuan
perancangan menciptakan visualisasi tata ruang coffee shop yang informatif,
komunikatif, efektif, dan pemasaran dengan penerapan desain yang berkesinambungan
sebagai pendukung visual merchandising pemasaran, yang membentuk pencitraan
suasana coffe shop Leven Coffee. Metode Perancangan 4D (four- D). Terdiri dari (1)
Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), dan
(4) Penyebarluasan (Disseminate). Pendekatan analisis dengan SWOT, yaitu Strength
(Kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (Peluang), Threats (Ancaman). Hasil
dari uji kelayakan yang dilakukan dalam dua tahap disimpulkan bahwa visual
merchandising pemasaran coffee shop Leven Coffee sudah sangat baik dari segi
pengolahan interiornya, mendapat respon positif dari responden, dan layak untuk
dipublikasikan. Media utama visual merchandising pemasran coffee shop Leven
Coffee direpresentasikan melalui maket presentasi, dan media pendukung katalog,
video animasi, poster, x-banner, sticker.
Actions (login required)
|
View Item |