Evaluasi Pengaruh Grade Jalan Tambang terhadap Produktivitas Alat Angkut Sany SKT90S pada PIT A PT. Mandiangin Batubara (Thriveni Group) Jobsite Tempirai Project, Desa Suka Damai, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Ananda, Fajri (2022) Evaluasi Pengaruh Grade Jalan Tambang terhadap Produktivitas Alat Angkut Sany SKT90S pada PIT A PT. Mandiangin Batubara (Thriveni Group) Jobsite Tempirai Project, Desa Suka Damai, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_FAJRI_ANANDA_18137032_6724_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PT. Mandiangin Batubara (Thriveni Group) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan batubara sebagai kontraktor di area tambang terbuka, salah satunya di site Tempirai Energi Resource (TER) Desa Suka Damai, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Dalam menunjang produksinya PT. Mandiangin Batubara memerlukan rancangan akses jalan yang efektif yang sesuai dengan standar agar tidak menghambat kegiatan produksi. Dari data aktual di lapangan didapatkan segmen jalan yang memiliki lebar jalan lurus yang tidak ideal yaitu pada segmen 3, 4, 5, dan 10, sedangkan lebar jalan lurus yang ideal setelah dilakukan perhitungan adalah 12,5 meter, pada lebar jalan tikungan terdapat satu segmen jalan yang tidak ideal, yang mana lebar jalan tikungan ideal adalah 14,5 meter. Kemudian terdapat grade jalan yang > 12% tepatnya pada segmen 2 (14,12%) dan segmen 4 (14,57%) yang tentunya hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku menurut Kepmen ESDM No 1827 K/30/MEM/2018. Oleh karena hal tersebut tentunya akan mempengaruhi total rimpull, kecepatan, waktu edar, dan produktivitas alat angkut. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai produktivitas aktual alat angkut yaitu 53,97 BCM/jam, sedangkan produktivitas plan alat angkut dengan jarak angkut sekitar 1,15 Km adalah 63,3 BCM/jam. Setelah dilakukan perhitungan teoritis dengan kondisi jalan sudah diperbaiki didapatkan produktivitas alat angkut yaitu sebesar 76,49 BCM/jam yang artinya setelah jalan diperbaiki secara teoritis mendapatkan produktivitas yang mencapai bahkan melebihi plan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi jalan akan mempengaruhi total rimpull, total rimpull akan mempengaruhi kecepatan, lalu kecepatan akan mempengaruhi waktu edar, dan waktu edar ini akan mempengaruhi produktivitas alat angkut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnaperta, Yoszi MingsiUNSPECIFIED
CorrectorMaiyudi, RikoUNSPECIFIED
CorrectorNata, Refky AdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH GRADE JALAN TAMBANG
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 May 2023 07:39
Last Modified: 22 May 2023 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43869

Actions (login required)

View Item View Item