Annissa, Annissa
(2023)
Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam
Pembelajaran Seni Rupa Melalui Penggunaan Media
Berbasis Canva di Kelas VIII.6 SMP Negeri 13 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1)Meningkatkan kreativitas siswa dalam
pembelajaran seni rupa melalui penggunaan media berbasis canva di kelas VIII.6
SMPN 13 Padang. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni
rupa melalui penggunaan media berbasis canva di kelasVIII.6 SMPN 13 Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
perencana, tindakan, observasi, refleksi. Instrument penelitian yaitu tes hasil
belajar siswa, angket kreativitas siswa,lembar observasi aktivitas guru, lembar
observasi aktivitas siswa dan analisis data dengan uji t SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan 1) penggunaan media berbasis canva dapat
meningkatkan kreativitas pada proses pembelejaran seni rupa, Sedangkan rata-rata
kreativitas belajar siswa pada pra siklus 3,51 pada siklus I meningkat menjadi
3,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 4,48. 2) penggunaan media berbasis
canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggambar
model. Hal ini dapat di lihat pada hasil ketuntasan pra siklus 31,25% pada siklus I
menjadi 78,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%.
Actions (login required)
|
View Item |