Efendi, Iftita Rahmi
(2022)
Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata di
Nagari Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya 4 (empat)
indikator daya tarik wisata (4A), yaitu attraction, accessibility, amenity, ancillary
service di Daya Tarik Wisata Nagari Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian
ini bertujuan untuk menemukan Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata di
Nagari Mandeh dengan menggunakan analisis SWOT yang ditentukan dari faktor
internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Data
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dari para
informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dianalisis
dengan cara reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan analisis
strategi.
Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa daya tarik wisata
Nagari Mandeh memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman apabila
dikembangkan. Strategi pengembangan yang dapat dirumuskan adalah 1)
Mewujudkan atraksi wisata menangkap ikan teri di laut bersama nelayan dengan
memaksimalkan nelayan sebagai sumber daya manusia dan perahu nelayan yang
tersedia. 2) Mewujudkan mobil wisata dengan memanfaatkan sumber daya
manusia yang ada, tentunya yang mengenal medan jalan sehingga dapat memenuhi
harapan dari wisatawan. 3) Mewujudkan pusat perbelanjaan oleh-oleh makanan
ataupun cenderamata khas Nagari Mandeh dan rest area dengan memberdayakan
masyarakat sekitar sebagai produsen dari tersedianya suatu produk dan
mengadakan negosiasi kepada pemilik tanah agar bersedia memberikan sedikit
tanah sebagai tempat rest area dengan cara ganti rugi. 4) Mewujudkan ketersediaan
pusat informasi dan keamanan dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang
tersedia agar wisatawan mendapatkan informasi yang jelas dan merasa nyaman saat
berada di daya tarik wisata Nagari Mnadeh
Actions (login required)
|
View Item |