Perbedaan Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Air Hangat Barat

Putra, Govinda Noza (2022) Perbedaan Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Air Hangat Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_GOVINDA_NOZA_PUTRA_19199072_19199072_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan koordinasi gerak berdasarkan usia dan jenis kelamin Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Air Hangat Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Usia dan jenis kelamin adalah sebagai variabel faktor, sedangkan karakteristik kemampuan koordinasi gerak merupakan variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Air Hangat Barat yang berjumlah 180 orang siswa dari tingkatan umur 7 sampai 9 tahun dan 10 samapai 12 tahun dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Metode pengabilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling. Pengumpulan data koordinasi gerak yaitu: (1) balance beam (2) Eye-hand coordination, (3) jumping sideway, (4) moving sideways, dan (5) Shuttle Throw. Data koordinasi gerak yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial ANOVA 2 x 2 dua jalur (two way ANOVA ). Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa usia 7 - 9 tahun dengan siswa usia 10 - 12 tahun. (2) Terdapat perbedaan karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa antara jenis kelamin laki-laki dengan jenis kelamin perempuan. (3) Terdapat perbedaan interaksi antara usia dan jenis kelamin terhadap karakteristik kemampuan koordinasi gerak, (4) Karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa usia 7 - 9 tahun memiliki perbedaan dengan usia 10 - 12 tahun pada pada jenis kelamin laki-laki, (5) Karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa usia 7 - 9 tahun memiliki perbedaan dengan usia 10 - 12 tahun pada pada jenis kelamin perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBakhtiar, SyahrialUNSPECIFIED
CorrectorMasrun, MasrunUNSPECIFIED
CorrectorKomaini, AntonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOORDINASI GERAK
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 May 2023 03:13
Last Modified: 09 May 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43635

Actions (login required)

View Item View Item