Salmaini S, Salmaini S
(2022)
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Ber-ICT di Sekolah Menengah Atas.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran “Fungsi” yang terjadi di sekolah dan dalam buku teks belum kontekstual dan belum dapat mengembangkan kemampuan metakognisi matematis dan pemecahan masalah matematis serta belum menumbuhkan aktivitas dan sikap positif siswa terhadap matematika. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berbasis pendekatan kontekstual yang dibantu dengan pendayagunaan ICT. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual ber-ICT yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif bagi siswa Sekolah Menengah Atas. Secara operasional perangkat ini terwujud dalam buku guru, dan buku siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan Plomp yang terdiri dari tiga fase. Pada fase pertama, dilakukan penelitian pendahuluan atau preliminary research yang terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan literature review. Pada fase kedua dilakukan pengembangan (development or prototyping phase) dalam serangkaian formative evaluation; self evaluation, validasi ahli, FGD, one to one evaluation, dan small group. Selanjutnya pada fase ketiga, dilakukan penilaian (assessment phase) melalui field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan uji statistik. Dari penelitian telah dihasilkan perangkat PMK-ICT yang memenuhi kriteria valid dengan karakteristik: aktivitas dalam perangkat pembelajaran memfasilitasi siswa untuk melakukan pembelajaran yang berpusat kepada siswa dengan mengkontruktivisme pembelajaran, inquiry, pemodelan, bekerjasama, dan penilaian autentik. Produk penelitian berupa buku guru dan buku siswa juga memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik perangkat pembelajaran dapat berjalan pada semua siswa, membantu siswa memahami konsep, mengembangkan kemampuan metakognisi matematis, pemecahan masalah matematis, dan waktu yang disediakan cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perangkat PMK-ICT memenuhi kriteria efektif dengan karakteristik berdampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan metakognisi matematis, dan peningkatan aktivitas belajar siswa. Perangkat PMK-ICT baik diberdayakan dan meningkatkan hasil belajar matematika pada Sekolah Menengah Atas.
Actions (login required)
|
View Item |