Analisis Perbedaan Perilaku Investasi Antara Wanita Dan Pria Di Pasar Modal Indonesia (Studi Kasus Pada Investor Sumatra Barat)

Putri, Feby Amalia (2022) Analisis Perbedaan Perilaku Investasi Antara Wanita Dan Pria Di Pasar Modal Indonesia (Studi Kasus Pada Investor Sumatra Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FEBY_AMELIA_PUTRI_18043093_3727.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku investasi yang dilakukan oleh investor wanita dan pria dalam pengambilan keputusan investasi saham dengan menggunakan Uji Mann Whitney. Populasi dari penelitian ini adalah para investor di pasar modal Indonesia, dengan sampel yaitu para investor yang terdaftar di BEI Sumbar. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling dengan standar error sebesar 10%. Kebaruan penelitian ini dari yang sebelumnya adalah bahwa penulis lebih menekankan pada perbedaan gender dalam pengambilan keputusan ketika dipengaruhi oleh bias perilaku keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui media online kepada investor dengan sampel sebanyak 146 responden investor. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menemukan 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara financial literacy perempuan dan laki-laki dalam pengambilan keputusan investasi saham. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara overconfidence wanita dan pria dalam pengambilan keputusan investasi saham, dan investor wanita cenderung tidak overconfident dibandingkan pria dalam pengambilan keputusan investasi saham. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara toleransi risiko/ risk tolerance wanita dan pria dalam pengambilan keputusan investasi saham, dan investor wanita cenderung memiliki toleransi risiko yang rendah dibandingkan pria dalam pengambilan keputusan investasi saham. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku herding perempuan dan laki-laki dalam pengambilan keputusan investasi saham, namun investor laki-laki cenderung memiliki perilaku herding yang tinggi dibandingkan perempuan dalam pengambilan keputusan investasi saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMulyani, ErlyUNSPECIFIED
CorrectorSerly, VanicaUNSPECIFIED
CorrectorSari, Vita FitriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Financial literacy
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 03 May 2023 03:12
Last Modified: 03 May 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43535

Actions (login required)

View Item View Item