Pengaruh Latihan Forward dan Backward Handgrip terhadap Peningkatan Hasil Overhend Lob di PB Tuanku Tabiang Kabupaten Solok

Muktafi, Hamdan (2022) Pengaruh Latihan Forward dan Backward Handgrip terhadap Peningkatan Hasil Overhend Lob di PB Tuanku Tabiang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_HAMDAN_MUKTAFI_16089008_4564_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah lemahnya kemampuan overhead lob yang dimiliki oleh atlet PB Tuanku Tabiang Kabupaten Solok. Aada banyak faktor yang menyebabkan masalah ini, diantaranya program latihan yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemmapuan overhead lob dengan latihan forward dan backward handgrip. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasy experiment dengan memberikan program latihan untuuk meningkatkan kemampuan overhead lob kepada atlet PB Tuangku Tabiang Kabupaten Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu penarikan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang pemain yang kemudian dibagi kedalam 2 kelompok dengan matching data. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji beda mean dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan beberapa waktu lalu, memberikan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat ada pengaruh latihan forward handgrip terhadap hasil overhead lob di PB Tuanku Tabiang Kabupaten Solok dengan nilai thitung 9,37 > ttabel 1,86. (2) Terdapat ada pengaruh latihan backward handgrip terhadap hasil overhead lob di PB Tuanku Tabiang Kabupaten Solok dengan nilai thitung 10,36 > ttabel 1,86. (3) latihan forward lebih baik bila dibandingkan dengan backward handgrip terhadap kefektifitas latihan overhead lob di PB Tuanku Tabiang Kabupaten Solok dengan nilai thitung 2,94 > ttabel 1,86.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusril, GusrilUNSPECIFIED
CorrectorDinata, Windo WiriaUNSPECIFIED
CorrectorHaris, FahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LATIHAN FORWARD- BACKWARD HANDGRIP
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:11
Last Modified: 12 Apr 2023 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43300

Actions (login required)

View Item View Item