Tutdaroja, Marpua
(2022)
Pengembangan Multimedia Berbasis Virtual Laboratory Menggunakan Adobe Animate pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X TKJ di SMK.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan multimedia interaktif dilatarbelakangi karena belum tersedianya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik secara mandiri dalam proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu kurangnya fasilitas di laboratorium membuat minimnya kegiatan praktek di laboratorium. Oleh sebab itu, tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis virtual laboratory pada mata pelajaran Fisika Kelas X SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi materi, lembar validasi media, serta angket respon dari peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang peserta didik di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Sarolangun.
Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator media. Diperoleh hasil validasi materi dengan rata-rata 4,75 aspek media berada dikategori “sangat baik atau sangat valid”. Hasil validasi dari validator media I dengan rata-tara 4,84 dan validator media II dengan rata-rata 4,50 untuk aspek media berada dikategori “sangat baik atau sangat valid”. Selanjutnya, uji praktikalitas di peroleh rata-rata 4,64 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji validitas dan praktikalitas yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa multimedia interaktif berbasis virtual laboratory pada mata pelajaran Fisika kelas X valid dan praktis digunakan pada mata pelajaran Fisika
Actions (login required)
|
View Item |