Elsoraya, Najmi
(2022)
Pengembangan E-modul Hidrokarbon Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada materi hidrokarbon terdapat banyak pengetahuan konseptual, faktual dan
prosedural yang harus dikuasai oleh siswa. Komponen keberhasilan pembelajaran
salah satunya ditentukan oleh kualitas bahan ajar yang diberikan kepada siswa.
Bahan ajar yang baik harus dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dari
peserta didik. Karena itu diperlukannya suatu bahan ajar yang mampu memenuhi
kebutuhan siswa dalam memahami materi hidrokarbon berupa e-modul
hidrokarbon berbasis guided discovery learning yang valid dan praktis. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menganalisis validitas, praktikalitas
dan efektivitas dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian educational design research menggunakan model Plomp.
Uji validitas e-modul dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan
dua orang guru SMA Negeri 1 Lintau Buo. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa angket validitas dan dianalisis menggunakan formula Aikens‟V. Tahap
pertama validasi didapatkan rata-rata nilai V 0,82 dengan aspek pada komponen
isi dan komponen penyajian tidak valid. Tahap validasi kedua didapatkan rata-rata
validitas e-modul sebesar 0,86(valid) dengan semua aspek sudah valid. Uji
praktikalitas e-modul dilakukan oleh enam orang siswa dan dua orang guru kimia
SMA Negeri 1 Lintau Buo. Berdasarkan uji praktikalitas siswa diperoleh rata-rata
persentase 0,82(sangat praktis). Berdasarkan angket respon guru diperoleh rata-
rata persentase sebesar 0,86(sangat praktis). Analisis efektivitas menggunakan
rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang
didapatkan adalah 0,20 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa e-modul hidrokarbon berbasis guided discovery
learning untuk kelas XI SMA/MA yang dikembangkan telah valid, praktis dan
belum efektif.
Actions (login required)
|
View Item |