Studi Pelaksanaan TRIAS UKS Di Sekolah Dasar Negeri 39 Bengkulu Selatan

Gusfiani, Amelia (2022) Studi Pelaksanaan TRIAS UKS Di Sekolah Dasar Negeri 39 Bengkulu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AMELIA_GUSFIANI_18086037_2305.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum terlaksananya program TRIAS UKS yang sesuai dengan standar pelaksanaan usaha kesehatan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik pelaksanaan TRIAS UKS di Sekolah Dasar Negeri 39 Bengkulu Selatan Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Waktu penelitian ini pada bulan Februari sampai dengan Maret. Populasi dan sampelnya peserta didik di sekolah dasar negeri 39 Bengkulu Selatan yang berjumlah 53 sampel dari kelas V dan Kelas VI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan angket atau kuesioner dengan skala guttman. Data dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dengan persentase. Hasil analisis data yang diperoleh dari responden yaitu peserta didik kelas V dan VI menunjukan bahwa pelaksanaan TRIAS UKS dari ; 1) Pendidikan Kesehatan memiliki rata-rata sebesar 56% terkategori cukup. 2) Pelayanan Kesehatan memiliki rata-rata 58% terkategori cukup. 3) Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat memiliki rata-rata sebesar 51% terkategori cukup. Dengan demikian dari temuan ini dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan TRIAS UKS di Sekolah Dasar Negeri 39 Bengkulu Selatan berada dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, WilladiUNSPECIFIED
CorrectorDarni, DarniUNSPECIFIED
CorrectorSepriani, RikaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRIAS UKS
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:09
Last Modified: 29 Mar 2023 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43152

Actions (login required)

View Item View Item