Pratama, Fikri Alvion
(2022)
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting Hasil belajar menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Menurunnya hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin kelas X TP 1 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah di buktikan dengan rendahnya hasil ujian akhir semester genap tahun 2021/2022 terdapat peserta didik belum memenuhi standar penilaian KKM yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup bervariasi. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan pengaplikasian model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian yang dilakukan memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian ialah siswa kelas X TP-1 bertotal 36 orang siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di bulan Agustus-September 2022 memiliki 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda. Hasil pengamatan hasil belajar peserta didik setiap siklusnya dilihat dari hasil tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian pada manifestasi siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 67,6 memiliki peningkatan signifikat pada siklus 2 menjadi 72,5. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 63,9% adanya peningkatan siklus 2 menjadi 80,6%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 65 dengan ketuntasal klasiklal minimal 75%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw di mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |