Hasdi, Zilya
(2022)
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With a Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu tujuan dari
pembelajaran matematika yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki untuk memecahkan sebuah permasalahaan yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Namun pada kenyataannya dalam pembelajaran, kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik dalam kelas VIII SMPN 24 Padang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan kepada peserta didik. Dari hasil jawaban peserta didik
tersebut terlihat bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis dengan tepat sesuai dengan indikator pemecahan masalah matematis. Salah satu upaya yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question dalam proses belajar matematika. Dikarenakan dengan LSQ dapat membuat peserta didik aktif bertanya untuk menyelesaikan permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question serta menganalisis
dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Posttet-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Padang dengan kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas sampel. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, terlihat bahwa
pada taraf nyata diperoleh . Karena maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis yang belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 24 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |