Khairati, Ikmanisa
(2022)
Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Media Informasi Digital Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah LKPD. Ketersediaan LKPD dapat mengakselerasi proses pembelajaran. Sehingga, efisiensi waktu dapat tercapai dengan digunakannya LKPD dalam proses pembelajaran. Terdapat berbagai macam model pembelajaran yang dapat dijadikan basis untuk mengembangkan LKPD sebagai bahan ajar. Salah satunya yaitu model Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan model pembelajaran yang relevan dengan tuntutan abad ke-21. Model pembelajaran PBL berkaitan dengan penggunaan intelegensi peserta didik. Model pembelajaran PBL
membantu untuk menunjukkan dan memperjelas cara berpikir serta kekayaan dari struktur dan proses kognitif yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan keterbatasan waktu pada proses pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan. Belum tersedianya bahan ajar untuk memfasilitasi kesadaran yang dimiliki peserta didik bahwa setiap individu dapat memberikan
kontribusi terhadap lingkungan ke arah yang lebih baik ataupun ke arah yang lebih buruk, serta kompleksitas permasalahan lingkungan yang semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Serta belum tersedianya LKPD pada
materi perubahan lingkungan berbasis PBL terintegrasi media informasi digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Produk yang dikembangkan adalah lembar kerja peserta didik pada materi perubahan lingkungan berbasis model Problem Based Learning terintegrasi media informasi digital untuk kelas X semester dua dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer yang diperoleh secara langsung menggunakan instrumen angket validitas dan praktikalitas yang diserahkan kepada validator dan responden. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat dinyatakan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning terintegrasi media informasi digital pada materi perubahan lingkungan dinilai sangat valid ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan konstruksi, dan kegrafikaan dengan nilai persentase 93,28%. Hasil uji
praktikalitas peserta didik menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning terintegrasi media informasi digital pada materi perubahan lingkungan dinilai praktis dengan persentase 84,22% sementara itu hasil uji praktikalitas oleh
guru didapatkan hasil sangat praktis dengan persentase 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah LKPD berbasis Problem Based Learning terintegrasi media informasi digital pada materi perubahan lingkungan untuk SMA/MA dinilai sangat valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |