Az Zahra, Faizah
(2022)
Efektivitas Penggunaan Modul Kesetimbangan Ion dan pH
Larutan Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 13 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Modul kesetimbangan ion dan pH larutan garam berbasis inkuiri terbimbing telah dikembangkan sampai pada tahap uji validitas dan praktikalitas, namun belum dilakukan uji efektivitas sehingga modul tersebut belum bisa disebarluaskan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul kesetimbangan ion dan pH larutan garam berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil
belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah pre-experiment research menggunakan desain one-group-pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Padang yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran
2021/2022. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 3 sebagai kelas sampel. Instrumen penilaian yang digunakan berupa soal pilihan ganda untuk pretest dan posttest yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan indeks kesukaran. Data dianalisis dengan uji N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas dari penggunaan modul ini. Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 48,23. Nilai
N-gain diperoleh sebesar 0,6 yang berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, oleh karena itu penggunaan modul kesetimbangan ion dan pH larutan garam berbasis inkuiri terbimbing yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |