Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Newman dalam Menyelesaikan Soal Aplikasi Turunan bagi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi

Husna I, Fadhilatul (2022) Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Newman dalam Menyelesaikan Soal Aplikasi Turunan bagi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FADHILATUL_HUSNA_I_17029090_2438.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) yang masih rendah menunjukkan bahwa peserta didik masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Untuk itu, perlu dilakukan analisis untuk mengetahui jenis kesalahn serta faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan-kesalahan peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aplikasi turunan fungsi trigonometri berdasarkan analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA 9 yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes aplikasi turunan fungsi trigonometri dan wawancara. Selanjutnya dipilih sembilan orang peserta didik untuk diwawancarai. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik adalah kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding Error) dengan persentase kesalahan 45,05%. Kemudian,kesalahan memahami soal (Reading Comprehension Error) sebesar 18,13%, kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) sebesar 16,48%, kesalaham transformasi soal (Transformation Error) sebesar 14,48%, dan kesalahan membaca (Reading Error) sebesar 5,49%. Berdasarkan tanya-jawab terhadap peserta didik, kesalahan yang terjadi disebabkan adanya faktor lingkungan sekolah dan pribadi peserta didik itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Tahapan Newman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:16
Last Modified: 13 Mar 2023 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42875

Actions (login required)

View Item View Item