Husna I, Fadhilatul
(2022)
Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Newman dalam Menyelesaikan Soal Aplikasi Turunan bagi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) yang masih rendah menunjukkan bahwa peserta didik masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Untuk itu, perlu dilakukan analisis untuk mengetahui jenis kesalahn serta faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan-kesalahan peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aplikasi turunan fungsi trigonometri berdasarkan analisis kesalahan Newman.
Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA 9 yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes aplikasi turunan fungsi trigonometri dan wawancara. Selanjutnya dipilih sembilan orang peserta didik untuk diwawancarai. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik.
Hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik adalah kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding Error) dengan persentase kesalahan 45,05%. Kemudian,kesalahan memahami soal (Reading Comprehension Error) sebesar 18,13%, kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) sebesar 16,48%, kesalaham transformasi soal (Transformation Error) sebesar 14,48%, dan kesalahan membaca (Reading Error) sebesar 5,49%. Berdasarkan tanya-jawab terhadap peserta didik, kesalahan yang terjadi disebabkan adanya faktor lingkungan sekolah dan pribadi peserta didik itu sendiri.
Actions (login required)
|
View Item |