Aulia, Difa
(2022)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Papua Menggunakan Analisis Jalur.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembangunan manusia berarti pertumbuhan yang positif dan perubahan dalam bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, lingkungan, dan tingkat kesejahteraan. Indeks keberhasilan suatu negara dalam proses pembangunan manusia dapat dilihat melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Capain
pembangunan manusia di Indonesia sangat bervariasi, IPM tertinggi dicapai oleh Provinsi DKI Jakarta sedangkan IPM terendah berada di Provinsi Papua. Provinsi Papua menempati posisi terakhir dalam pencapaian pembangunan manusia selama
2010-2021. Papua sendiri menjadi provinsi dengan disparitas yang paling tinggi antar kabupaten/kota dibanding provinsi lainnya. Capaian IPM Papua yang masih berada di peringkat terkahir dan disparitas yang beragam, maka diperlukan
perhatian dan perbaikan dalam hal yang mempengaruhi kualitas IPM. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Papua pada pemodelan analisis jalur dan mengetahui pengaruh langsung serta tidak langsung yang signifikan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Badan Pusat Statistik Papua dari tahun 2019-2021. Pada penelitian
ini, variabel endogen adalah IPM, variabel eksogen adalah angka harapan hidup, harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah, serta variabel intervening adalah pengeluaran perkapita. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi IPM di Provinsi Papua secara signifikan yaitu rata-rata lama sekolah. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah memiliki pengaruh
secara langsung terhadap pengeluaran perkapita sebesar 0,816 dan secara tidak langsung melalui pengeluaran perkapita terhadap IPM sebesar 0,721.
Actions (login required)
|
View Item |