Syadida, Qoulan
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran Mengggunakan Aplikasi Smarts Apps Creator pada pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV
Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Terbatasnya penggunaan media yang menarik, mudah dipahami dan menyenangkan yang mampu menstimulasi peseta didik dalam pembelajaran, kurangnya pemanfaatan teknologi dimana guru hanya menggunakan Buku paket Tematik serta guru belum mahir dalam
megelola software ataupun aplikasi untuk merancang media pembelajaran interaktif yang menarik bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan menghasilkan media pembelajaran
mengggunakan aplikasi Smarts Apps Creator pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Proses penelitian menggunakan model ADDIE ini terdiri dari lima langkah yaitunya: analisis (analizis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (Implementation), evaluasi (evaluation). Media pembelajaran yang dirancang kemudian divalidasi oleh
validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di SDN 27 Anak Air.
Hasil dari penelitian pengembangan modul berbasis digital memperoleh tingkat kevalidan 87,3% dari aspek materi, 84% dari aspek media dan 96% dari aspek bahasa dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon guru dan juga hasil respon peserta didik di sekolah penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran Persentase respon guru disekolah penelitian adalah 89,2% dan persentase respon peserta didik di sekolah penelitian adalah 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Mengggunakan Aplikasi Smarts Apps Creator pada
pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |