Febriani, Ilma
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Index Card Match Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 12 Cimparuh Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih terpusat pada guru dan pembelajaran belum menggunakan model yang sesuai dengan pembelajaran yang akan diajarkan sehingga proses
pembelajaran berjalan satu arah, model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga minat belajar peserta didik berkurang dan kelas terasa monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan model Index Card Match pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas IV yang berjumlah 18 orang peserta didik terdiri dari 9 orang laki�laki dan 9 orang perempuan. Data penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian penilaian RPP siklus I pertemuan I 78% kualifikasi baik (B), siklus I pertemuan II 86% kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 97% kualifikasi sangat baik (A). Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I pertemuan I 75% kualifikasi baik (B), siklus I pertemuan II 79% kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan skor 96% kualifikasi sangat baik (A). Pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan I aspek peserta didik yaitu 69% kualifikasi cukup (C), siklus I pertemuan II 77% kualifikasi baik (B),
meningkat pada siklus II skor 92% kualifikasi sangat baik (A). Hasil belajar peserta didik siklus I pertemuan I 72,72 predikat (C), siklus I pertemuan II 79,53 predikat (B), meningkat pada siklus II nilai 94,31 predikat (A). Dapat disimpulkan bahwa model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |