Alfioni, Finny
(2022)
Hubungan Keterampilan Sosial dengan Kecemasan Korban Bullying Verbal di Sekolah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada masa remaja sering kali muncul permasalahan salah satunya adalah tindakan bullying. Bullying merupakan tindakan kekerasan yang bertujuan untuk menyakiti orang lain secara fisik dan psikis. Bentuk tindakan bullying yang paling sering terjadi dikalangan siswa yaitu bullying verbal. Bullying verbal dapat menimbulkan dampak kecemasan terhadap korbannya. Faktor penyebab terjadinya kecemasan pada korban bullying verbal salah satunya yaitu keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kecemasan korban bullying verbal di sekolah, dan menguji hubungan keterampilan sosial dengan kecemasan korban bullying verbal di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21
orang siswa. Adapun teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampel jenuh. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen angket keterampilan sosial dan instrumen angket kecemasan korban bullying verbal di sekolah dengan model skala likert.
Hubungan kedua variabel dapat diketahui dengan menggunakan rumus korelasi spearman rho. Hasil penelitian ini menemukan: 1) keterampilan sosial siswa berada pada kategori sangat tinggi 2) kecemasan korban bullying verbal disekolah berada pada kategori sangat rendah 3) terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara keterampilan sosial dengan kecemasan korban bullying verbal di sekolah dengan rho = -0,708 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Jadi, hasil ini menunjukkan bahwa siswa SMAN 1 Nan Sabaris memiliki keterampilan sosial sangat tinggi dan kecemasan akibat bullying verbal yang sangat rendah.
Actions (login required)
|
View Item |