Baskara, Dewa
(2022)
Hubungan antara Kecanduan Game Online Dengan Konsep Diri Remaja.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Konsep diri adalah pandangan individu tentang dirinya sendiri yang berupa penilaian, pandangan dan persepsi yang juga dipengaruhi oleh orang lain saat ia berinteraksi di lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsep diri adalah lingkungan dan salah satu bentuk interaksi dengan lingkungan adalah bermain game online.. Pada saat ini game online sudah menjadi salah satu aktifitas yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua kalangan memainkan game online, terutama pada kalangan remaja. Hal ini cukup menghawatirkan karena bisa membuat remaja mengalami kecanduan dan membuat konsep diri mereka menjadi negatif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan: (1) kecanduan game online remaja, (2) konsep diri remaja, (3) menguji hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan konsep diri remaja.
Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional.Sampel diambil mengunakan purposive sampling dengan 50 responden remaja di Kelurahan Balai Gadang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecanduan game online remaja di Kelurahan Balai Gadang berada pada kategori tinggi, (2) konsep diri remaja di
Kelurahan Balai Gadang secara umum berada pada kategori rendah, (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan di tingkat sedang pada kecanduan game online dengan konsep diri remaja di Kelurahan Balai Gadang dengan r = -0.414. Artinya,
semakin tinggi kecanduan game online, maka konsep diri remaja di Kelurahan Balai Gadang akan semakin rendah. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah kecanduan game online, maka akan semakin tinggi konsep diri remaja di Kelurahan Balai Gadang.
Actions (login required)
|
View Item |