Saralee., Adelweiss
(2022)
Pengembangan Media Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di
Kelas V SD Negeri 10/XI Pondok Agung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya
penggunaan media pembelajaran yang terdapat di kelas V SD Negeri 10/XI Pondok Agung. Sehingga menyebabkan pola pembelajaran yang konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. dan juga disebabkan oleh kurangnya kreatifitas dari guru untuk menciptakan sebuah media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Kvisoft Flipbook Maker berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 10/XI Pondok Agung yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran tematik
terpadu berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada tema 8 (Lingkungan Sahabar Kita) Subtema 1 (Manusia dan Lingkungan) Pembelajaran 3 dan 4. Validasi dilakukan pada tiga ahli, yaitu: ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk
menilai apakah media pembelajaran yang dikembangkan layak dari segi media, materi, dan bahasa. Hasil penelitian yang dikembangkan diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 96%
dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba pratikalitas media pembelajaran dinyatakan sangat praktis. Hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik. Dimana angket respon guru mendapat nilai 95,7% dengan kategori sangat praktis dan angket respon dari 10 peserta didik mendapat nilai 97% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media Kvisoft Flipbook Maker dinyatakan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Kvisoft Flipbook Maker, Model ADDIE, Tematik Terpadu, Pendekatan Saintifik.
Actions (login required)
|
View Item |