Maizan, Inggar
(2022)
Pengaruh Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di
SMP Negeri Se Kota Sungai Penuh.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya kinerja guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri Se Kota Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. Jenis penelitian yaitu kuantitatif mengunakan desain penelitian korelasi dengan metode asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variable yaitu, mengunakan tes untuk variabel pedagogik dan profesional, dan disiplin kerja serta kinerja guru mengunakan data yang sudah ada. Data dianalisis dengan analisis jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung antara kompetensi profesional terhadap Kinerja guru
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebesar 15,8%. (2) Terdapat pengaruh langsung antara kompetensi pedagogik terhadap Kinerja guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebesar 19% (3) Terdapat pengaruh langsung antara disiplin kerja terhadap Kinerja guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebesar 19,1%, (4) Tidak terdapat pengaruh langsung antara kompetensi profesional terhadap kompetensi pedagogik. (5) Terdapat pengaruh tidak langsung antara kompetensi profesional terhadap Kinerja guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui disiplin kerja sebesar 17,4%, (6) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara kompetensi pedagogik terhadap Kinerja
guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui disiplin kerja.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Pedagogik, Disiplin Kerja, Kinerja Guru
Actions (login required)
|
View Item |