Jafri, Hanif
(2022)
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat
pembelajaran berbasis metode discovery learning yang memiliki karakteristik valid, praktis, dan efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA. Perangkatpembelajaran yang dikembangkan mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan
dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap penilaian. Pada tahap pendahuluan dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada tahap pengembangan prototipe dilaksanakan evaluasi formatif
yang terdiri atas evaluasi sendiri, tinjauan pakar/ahli, evaluasi satu-satu, dan evaluasi kelompok kecil. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD matematika berbasis model
discovery learning untuk kelas X SMA semester 1 yang valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu, kemudahan dan penggunaan.
Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Pemecahan Masalah, Model Pengembangan Plomp
Actions (login required)
|
View Item |