Hidayat, Irvan
(2022)
Deskripsi Pemahaman Multirepresentasi Kimia Siswa Pada Materi Redoks dan Elektrokimia Kelas XII MAN 2 Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Mata pelajaran kimia dapat dipahami secara utuh jika dalam pembelajaran menekankan pada level makroskopik, submikroskopik dan simbolik sertamengaitkan ketiga level tersebut.Materi redoks dan elektro kimia merupakan materi yang mengandung konsep abstrak yang membutuhkan pemahaman multirepresentasi kimia.Namun proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru tidak terlalu menekankan pada pemahaman multirepresentasi kimia. Untuk itu diperlukan penelitian untuk menggambarkan bagaimana pemahaman multirepresentasi yang dimiliki oleh siswa, yang nantinya hasil penelitian ini bias menjadi gambaran bagi guru untuk mengembangkan proses belajar mengajar yang menekankan pada pemahaman multirepresentasi kimia, baik dalam metode mengajar ataupun melalui media yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.Subjek penelitiannya yaitu kelas XII IPA 4 sebanyak 35 siswa.Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan wawancara, dengan teknis analisis data Miles &Huberman serta pengolahan data dengan Microsoft Excel.Hasil penelitian menyatakan bahwa pada persentase representasi level makroskopik yaitu 65% (dengan kategori cukup), persentase representasi level submikroskopik 20% (dengan kategori sangatkurang), dan persentase representasi level simboli 62% (dengan kategori cukup).
Actions (login required)
|
View Item |