Syafira, Dela
(2022)
Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Adi Karya Ranah Pesisir.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode contextual teaching and learning (CTL) dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Adi Karya Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Adi Karya Ranah Pesisir yang berjumlah 159 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan
kelas X AKT sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X RPL sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk melihat motivasi belajar siswa dan
tes unjuk kerja untuk mengetahui keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Analisis dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa motode pembelajaran contectual teaching and learning (CTL) dan motivasi belajar siswa kelas X SMK Adi Karya Ranah Pesisir. Pengaruh tersebut dapat disimpulkan
sebagai berikut. Pertama, hasil tes keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang diajar dengan menggunakan metode contextual teaching and learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.
Kedua, keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan metode contextual teaching and learning (CTL) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Ketiga, keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan
menggunakan metode contextual teaching and learning (CTL) lebih tinggi daripada keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan metode konvensional. Keempat, terdapat interaksi antara model metode contextual teaching and learning (CTL) dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi siswa.
Actions (login required)
|
View Item |