Junovik, Amanda Elsa
(2022)
Faktor-Faktor Yang Mendorong Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi DIII Statistika UNP Menggunakan Analisis Faktor.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pertimbangan sebelum menentukan keputusan yang diambil oleh mahasiswa ketika memasuki perguruan tinggi adalah sebagai bentuk mengevaluasi pilihan-pilihan yang ada. Pertimbangan-pertimbangan yang diduga menjadi pendorong keputusan mahasiswa dalam memilih program studi tersebut jumlahnya sangat banyak. Maka dari itu dilakukan eksplorasi tentang variabel yang jumlahnya banyak menjadi beberapa variabel baru yang jumlahnya lebih sedikit untuk memberikan hasil yang lebih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk meringkas data dan mengetahui faktor baru apa saja yang terbentuk dari banyaknya variabel yang ditetapkan untuk mendeskripsikan secara singkat hal yang mendorong keputusan mahasiswa dalam memilih program studi DIII Statistika UNP.
Keputusan mahasiswa dalam memilih program studi ini tidak dapat diamati (Laten). Maka diperlukan indikator untuk mengukurnya. Oleh karena itu, dilakukan analisis untuk membuat suatu keputusan yang strategis dan analisis tersebut adalah analisis faktor. Analisis faktor adalah suatu metode statistik untuk mereduksi atau meringkas data. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Variabel dalam penelitian ini hanya terdiri dari variabel independen saja yaitu citra program studi, minat, keputusan bersama, ketersediaan lapangan kerja, sarana prasarana, promosi, lokasi, dan harga. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Sampel peneliti sebanyak 79 sampel dari populasi sebanyak 316 menggunakan teknik systematic sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Model yang terbentuk dari hasil analisis faktor sebagai berikut.
= 2,411+0,804F1 +0,040F2
= 2,613–0,206F1+0,775F2
= 3,448 + 0,100F1+0,858F2
= 2,530 + 0,715F1–0,201F2
= 2,618 + 0,620F1 + 0,121F2
= 2,208 + 0,443F1 + 0,352F2
= 2,755 + 0,528F1 + 0,416F2
= 2,836 + 0,356F1 + 0,504F2
Hasil penelitian menggunakan analisis faktor dengan delapan variabel yang di tetapkan oleh peneliti dengan pendugaan parameter menggunakan metode komponen utama menghasilkan dua faktor baru yaitu faktor internal yang dicirikan oleh variabel minat, keputusan bersama, harga dan yang kedua faktor eksternal yang dicirikan oleh variabel citra program studi, ketersediaan lapangan kerja, sarana prasarana, promosi dan harga.
Actions (login required)
|
View Item |