Amini, Aisyah
(2022)
Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Eksponensial dan Logaritma.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Bahan ajar yang digunakan guru mata pelajaran selama pembelajaran dengan metode blended learning diharapkan mampu menunjang peserta didik untuk belajar dengan mandiri secara maksimal. Kenyataannya, peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran matematika menggunakan bahan ajar yang diberikan guru mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Belum ada pengembangan modul sesuai kurikulum yang berlaku dan perkembangan IPTEK. Oleh sebab itu, perlu dikembangkansebuah e-modul berbasis pendekatan saintifik guna menunjang peserta didik belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis pendekatan saintifik pada materi fungsi eksponensial dan logaritma untuk kelas X SMA/MA dengan kriteria minimal valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah design research tipe development studies dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari analisis pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padangpanjang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 5. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan e-modul berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria minimal valid dan praktis.E-moduldikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 88,06% oleh para ahli. E-modul dikategorikan sangat praktis pada tahap one-to-one evaluation dengan tingkat praktikalitas 88,67% dan pada tahap small group evaluatione-modul dengan tingkat praktikalitas 95,69% berdasarkan respon peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |