Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Fertilitas di Kabupaten Bengkulu Utara Menggunakan Analisis Regresi Logisik Biner

Putri, Agata Dwi (2022) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Fertilitas di Kabupaten Bengkulu Utara Menggunakan Analisis Regresi Logisik Biner. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_AGATA_DWI_PUTRI_18037003_1267_2022.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Fertilitas(kelahiran) adalah kemampuan seorang wanita menghasilkan anak yang benar-benar dilahirkan hidup dari hasi lreproduksi. Permasalahan penelitian ini adalah jumlah fertilitas yang cukup tinggi di Kabupaten Bengkulu Utara sebesar 5.133 anak hidup pada tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan model regresi logistik biner, mengetahui faktor yang mempengaruhi jumlah fertilitas dan mengetahui nilai odds ratio dari faktor yang mempengaruhi jumlah fertilitas. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data diperoleh dari permohonan ke Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah jumlah anak, usia perkawinan pertama, tingkat Pendidikan, status bekerja, penggunaan KB dan pendapatan perkapita. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model regresi yang mempengaruhi jumlah kelahiran di Kabupaten Bengkulu Utara adalah usia perkawinan pertama (X1) dan penggunaan KB (X4) dengan model: Didapat nilai Odds ratio untuk variable usia perkawinan pertama adalah 2,688. Artinya, variable usia perkawinan pertama > 19 tahun memiliki kecendrungan sebesar 2,688 kali mempunyai anak > 2 dibandingkan usia perkawinan pertama ≤ 19 tahun. Nilai Odds ratio untuk variable penggunaan KB sebesar 0,604. Artinya, variable penggunaan KB untuk wanita yang menggunakan KB kecenderungan sebesar 0,604 kali mempunyai anak > 2 dibandingkan dengan wanita tidak menggunakan KB. Dapat disimpulkan bahwa usia perkawinan pertama dan penggunaan KB pada wanita memberikan pengaruh terhadap jumlah anak yang dilahirkan setiap wanita di Kabupaten Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:44
Last Modified: 24 Jan 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41981

Actions (login required)

View Item View Item