Oktafiana, Nadia
(2022)
Efektivitas Media Binder Suku Kata dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kesulitan Belajar
Kelas IV di SD Negeri 12 Pisang (Single Subject Research).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Membaca merupakan suatu kegiatan yang wajib dikuasi dan harus dimiliki
oleh setiap individu. Bagi siswa kesulitan belajar khususnya siswa disleksia hal
tersebut merupakan suatu hal yang sangat sulit. Masalah ini ditemukan di SD
Negeri 12 Pisang. Dimana seorang anak yang duduk dibangku kelas tinggi yaitu
kelas IV SD memiliki kemampuan membaca yang rendah berdasarkan hasil
asesmen membaca permulaan (membaca kata berpola KV - KV) dengan
perolehan persentase yaitu 30%. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat
seberapa efektif media binder suku dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan seorang siswa disleksia kelas IV di SD Negeri 12 Pisang. Penelitian ini
berfokus pada pengukuran dibidang akademik yaitu membaca permulaan
khususnya membaca kata berpola KV-KV.
Jenis dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen yang berbentuk SSR (Single Subject Research) dengan menggunakan
desain A-B-A yang dilakukan dalam tiga fase/kondisi. Pada kondisi baseline (A
1
)
dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dengan hasil persentase yaitu 13%,
13%, 13%. Kemudian pada kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak tujuh kali
pengamatan dengan perolehan persentase yaitu 43%, 63%, 86%, 80%, 100%,
100%, 100%. Sedangkan pada kondisi baseline (A
2
) dilakukan sebanyak empat
kali pengamatan dengan perolehan persentase yaitu 93%, 100%, 100%, 100%.
Data dianalisis dengan statistik deskriptif sederhana dengan metode analisis visual
grafik. Dari pembahasan penelitian ini membuktikan bahwa intervensi
menggunakan media binder suku kata ini efektif digunakan dalam meningkatkan
kemampuan membaca permulaan khususnya membaca kata berpola KV-KV pada
anak kesulitan belajar (disleksia).
Actions (login required)
|
View Item |