Agusta, Ilham Medio
(2022)
Pengembangan Multimedia Pembelajaran
Menggunakan Lectora Inspire 18 pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan adalah kegiatan dalam rangka pengembangan potensi dan
keterampilan secara optimal, sekaligus merupakan salah satu modal untuk
mencapai kemajuan bangsa dan meningkatkan harkat dan martabat manusia.
multimedia merupakan salah satu media yang mampu mendukung pembelajaran
siswa baik di sekolah maupun individu di rumah. Media pembelajaran dapat
dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran pada
keterampilan menyimak siswa, sehingga dapat membuat pembelajaran yang
menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP agar menghasilkan media
yang layak dan praktis digunakan oleh guru dan siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and
Development). Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan sesuai model 4D (Define,
Design, Development, disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dari instrumen penilaian
multimedia pembelajaran yang telan di modifikasi sesuai kebutuhan
pengembangan media dan angket respon siswa. Uji validitas produk dilakukan
oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang vaidator produk dn satu orang
validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada siswa/i kelas VII di SMP N
03 2x11 Enam Lingkung.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator media
dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh validator
media I yaitu 4,76 da validator media II yaitu 4,92. Sedangkan hasil uji validasi
materi oleh validator materi pada produk multimedia pembelajaran yang telah
dikembangkan dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata yaitu 4,66.
Penilaian dari peserta didik dinyatakan “Sangat Praktis” dengan skor rata-rata
4,42. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari multimedia
pembelajaran IPA yang dikembangkan “layak digunakan” dalam proses
pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |