Wahyu, Harumi
(2022)
Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia 4-5
Tahun melalui Permainan Mencocokkan Kata
dengan Flash Card di PAUD Anggrek 1 Pasar
Ambacang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca anak
usia 4-5 tahun hal ini disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang
digunakan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengambarkan kondisi awal
kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang,
menggambarkan proses pembelajaran menggunakan media Flash Card,
menggambarkan peningkatan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun melalui
permainan mencocokkan kata dengan Flash Card.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, prosedur penelitian
memiliki empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi.
Subjek Penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang, tahun
ajaran 2022/2023 dengan jumlah murid 15 orang yang terdiri dari 6 orang perempuan
dan 9 orang laki-laki. Teknik dari Pengumpulan data adalah Teknik Observasi dan
Dokumentasi. Teknik Analisis data Menggunakan rumus persentase. Pertemuan ini
dilakukan 2 siklus, persiklus memiliki 3 kali pertemuan.
Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan membaca
anak usia 4-5 tahun Melalui permainan mencocokkan kata dengan flash card, dilihat
dari siklus I pada umumnya kemampuan membaca anak terlihat masih kurang
dengan persentase 31%, dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan
kemampuan membaca anak menjadi 84% melebihi dari KKM. Kesimpulan dari
Penelitian ini adalah Permainan mencocokkan kata dengan Flash Card dapat
meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek 1 Pasar
Ambacang. Bagi kepala hendaknya menyediakan media flash card, serta guru dapat
menggunakan media flash card sebagai alternatif untuk meningkatan kemampuan
membaca anak.
Actions (login required)
|
View Item |