Sofyan, Albania
(2022)
Tinjauan Kualitas Pelayanan SAMSAT Drive Thru Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
anan SAMSAT Drive Thru Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan
Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kota Padang. Penelitian ini
dilakukan di Kantor SAMSAT Drive Thru Kota Padang yang beralamat di Jl.
Asahan No. 2 Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengumpulan data yang melalui pengisian kusioner. Sumber data
diperoleh dari data primer dan sekunder.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang
membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di kantor SAMSAT Drive Thru
Padang. Pada tahun 2021 sampel dalam penelitian ini berjumlah 100
responden. Metode penentuan sampel dengan teknik purposive sampling.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu bersifat
penjelasan dengan uraian yang menggunakan tabel. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui tingkat kualitas pelayanan di SAMSAT Drive Thru
Padang menurut responden mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,68 dan TCR
73,7% masuk dalam kategori cukup baik, artinya responden atau wajib pajak
mempresepsikan kualitas pelayanan SAMSAT Drive Thru Padang cukup
baik, tetapi belum optimal dan perlu ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan
Tingkat Capaian Responden indikator pertama bukti nyata (tangibles) 76,6%,
indikator kedua keandalan (reliability) 70,7%, indikator ketiga daya tanggap
(responsiveness) 72,4%, indikator keempat jaminan (assurance) 74,8%,
indikator kelima empati (empathy) 74,4%. Dengan TCR tertinggi oleh
indikator pertama bukti nyata (tangibles) 76,6% dan TCR terendah oleh
indikator kedua keandalan (reliability) 70,7%.
Actions (login required)
|
View Item |