Pratama, Wahyudi
(2022)
Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap
Kemampuan Short Pass Pada Siswa SSB Adhyaksa Rejang Lebong Kelompok Usia 10-12 Tahun.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah dalam penelitian ini berawal dari rendahnya kualitas Short Pass pada siswa SSB Adhyaksa Rejang Lebong khususnya kelompok umur 10-12 tahun ketika sedang menjalani latihan temyata banyak siswa yang belum mampu melakukan passing dengan baik khususnya dalam melakukan short pass, hal ini ditunjukkan pada saat bermain banyak siswa yang melakukan short pass sering tidak tepat sasaran dan terlalu lambat, apalagi pada saat dalam tekanan dari lawan sehingga mengakibatkan bola dapat dengan mudah direbut oleh lawan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design Populasi penelitian ini adalah siswa SSB Adhyaksa Rejang Lebong kelompok umur 10-12 tahun. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, 16 siswa kelas eksperimen dan 16 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan teknik short pass yang diadaptasi dari tes keterampilan sepak bola usia 10-12 tahun. Analisis data menggunakan uji t.
Hasil uji-t data posttest memperoleh nilai t-hitung > t-tabel (2,047 > 1,697) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan latihan Small Sided Games terhadap kemampuan short pass pada siswa SSB Adhyaksa Rejang Lebong kelompok umur 10-12 tahun. Apabila dibandingkan dari rata-rata angka peningkatan kemampuan short pass dari kelas eksperimen yaitu sebesar 10,81 dengan rata-rata angka peningkatan kemampuan short pass dari kelas kontrol yaitu sebesar 7,75, hal ini menunjukkan bahwa latihan small sided games memberikan perubahan yang lebih baik terhadap kemampuan short pass
Actions (login required)
|
View Item |