Yuli, Widia Iswari
(2022)
Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E
dan Higher Order Thinking Skills pada Materi Suhu
dan Kalor.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik,
karena peserta didik kurang dilatih untuk berpikir tingkat tinggi, guru belum
menggunakan model pembelajaran tetapi terfokus menggunakan metode seperti
metode ceramah dan pembelajaran bersifat individual, LKPD yang dikembangkan
oleh guru tidak sesuai dengan format yang telah ditetapkan pada panduan
pengembangan bahan ajar, LKPD yang ada kurang relevan dengan model
pembelajaran yang diterapkan di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
menghasilkan produk LKPD berbasis Learning Cycle 5E dan Higher Order
Thinking Skills pada materi suhu dan kalor serta untuk mengetahui kelayakan
LKPD yang ditinjau dari validitas LKPD.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian pengembangan
(Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan
4D (Define, Design, Development, Dissemination) yang dikembangkan hanya
sampai pada tahap Development. Pada tahap Development dilakukan Validitas
LKPD oleh tiga orang dosen fisika FMIPA UNP yang ahli dibidangnya.
Selanjutnya dilakukan revisi produk berdasarkan hasil validasi dan saran dari
validator. Instrumen yang digunakan berupa instrumen validitas menggunakan
teknik analisis data yang dikemukakan oleh V’Aiken.
Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat
dikemukakan hasil penelitian. Pertama, LKPD yang dihasilkan sudah sesuai dengan
desain yang dibuat dan memiliki strukrut yang disusun berdasarkan Depdiknas
tahun 2008. Kedua, kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 5E dan Higher
Order Thinking Skills pada materi suhu dan kalor yang ditinjau dari uji validitas
berada pada kategori valid dengan nilai 0.90. Hal ini menunjukkan LKPD tersebut
sudah memenuhi kriteria kelayakan penyajian, kelayakan isi, kebahasaan dan
kegrafisan.
Actions (login required)
|
View Item |