Mardiah, Ainil
(2022)
Analisis Tinjauan Strategi Pemasaran pada Toko Ay
Collection Sawahlunto.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat
pada Toko Ay Collection, kemudian membandingkan antara strategi yang
digunakan oleh Ay Collection dengan strategi analisis SWOT. Lokasi penelitian ini
di Toko Ay Collection yang beralamat di Jl. Dr Amir, Kec.Talawi, Kota
Sawahlunto.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara,
observasi, dan studi pustaka. Hasil observasi pada Toko Ay Collection bahwa Toko
Ay Collection menggunakan strategi pemasaran menjual berbagai macam produk,
melakukan melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial Instagram,
memasarkan produknya melalui mouth to mouth dan juga pemasangan banner di
depan toko. Toko Ay Collection tidak menerapkan strategi pemasaran
menggunakan SWOT dalam memasarkan produknya. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah belum maksimalnya strategi pemasaran yang diterapkan Toko
Ay Collection.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui matriks SWOT,
diperoleh hasil Strategi SO (Strengths Opportunities) Toko Ay Collection adalah
memberikan kualitas produk dan pelayanan yang baik, meningkatkan keberagaman
produk yang dijual. Dari strategi ST (Strengths Threats) adalah memberikan
pelayanan yang baik, menarik minat pelanggan dengan pemberikan diskon atau
promo – promo. Dari strategi WO (Weakness Opportunities) adalah menangkap
peluang dari loyalitas pelanggan lama dalam memenangkan persaingan dengan
banyak kompetitor, mempertahankan kualitas produk serta mempertahankan
masalah pelanggan, memperbaiki kualitas pelayanan tenaga kerja atau SDM yang
ada. Dan Strategi WT (Weakness Threats) meningkatkan strategi pemasaran dalam
persaingan dengan kompetitor, meningkatkan kinerja karyawan dalam melayani
konsumen
Actions (login required)
|
View Item |