Khaira, Najmil
(2022)
Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains
Terintegrasi Set Eksperimen Bunyi Menggunakan
Smartphone Terinstal Sound Analyzer Basic 1.10.2 dan
Frequency Generator 2.6.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh
siswa untuk menghadapi era globalisasi. Untuk mengetahui kemampuan literasi
sains siswa dibutuhkan instrumen penilaian literasi sains siswa sebagai alat ukur.
Dari obsevasi yang dilakukan, diketahui bahwa di sekolah guru telah
menggunakan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan siswa, namun
instrumen penilaian yang digunakan belum memenuhi indikator literasi sains,
sehingga instrumen tersebut belum mampu mengukur kemampuan literasi sains
siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian
literasi sains terintegrasi set eksperimen bunyi menggunakan smartphone terinstal
sound analyzer basic 1.10.2 dan frequency generator 2.6 yang valid dan reliabel.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan model ADDIE. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian
literasi sains pada materi gelombang bunyi. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar angket validitas dan praktikalitas. Hasil penilaian
validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken V dan hasil penilaian praktikalitas
dianalisis berdasarkan kriteria interpretasi skor yang diperoleh.
Berdasarkan tujuan penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh
tiga hasil penelitian. Pertama, nilai rata-rata validitas instrumen penilaian literasi
sains menurut ahli adalah 0,91 yang berada pada kategori valid. Kedua,
berdasarkan uji coba yang dilakukan diketahui bahwa dari 29 soal didapatkan 23
soal yang valid dengan reliabilitas 0,95 yang berada dikategori sangat tinggi.
Ketiga, nilai rata-rata praktikalitas peggunaan instrumen penilaian literasi sains
menurut guru adalah 75 pada kategori praktis dan 82,49 menurut siswa yang
berada pada kategori sangat praktis. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa
instrumen penilaian literasi sains terintegrasi set eksperimen bunyi menggunakan
smartphone terinstal sound analyzer basic 1.10.2 dan frequency generator 2.6 yag
dikembangkan adalah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |