Hubungan antara Lingkungan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Program Kesetaraan Paket A di PKBM Gempita Kota Padang

Oktavia, Sri Yona (2022) Hubungan antara Lingkungan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Program Kesetaraan Paket A di PKBM Gempita Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SRI_YONA_OKTAVIA_17005132_2660_2022.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar warga belajar program kesetaraan paket A di PKBM Gempita Kota Padang. Peneliti menduga salah satu faktor penyebabnya adalah lingkungan teman sebaya yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) . Untuk menggambarkan lingkungan teman sebaya, (2). Untuk menggambarkan motivasi belajar, (3). Melihat hubungan antara lingkungan teman sebaya dengan motivasi warga belajar program kesetaraan paket A di PKBM Gempita Kota Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitati£ Populasi penelitian ini yaitu warga belajar program kesetaraan paket A di PKBM Gempita Kota Padang yang berjumlah sebanyak 50 orang. Dan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan teman sebaya warga belajar program kesetaraan paket A di PKBM Gempita Kota Padang kurang mendukung. Motivasi belajar yang dimiliki warga belajar rendah. Dan terdapat hubungan signifikan antara lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar warga belajar program kesetaraan paket A di PKBM Gempita Kota Padang. Disarankan kepada pengelola atau pendidik di PKBM Gempita Kota Padang untuk dapat memperhatikan interaksi sosial warga belajar paket A dalam lingkungan teman sebaya agar meningkatkan motivasi belajar yang tinggi untuk tercapainya tujuan didalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:23
Last Modified: 01 Nov 2022 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40758

Actions (login required)

View Item View Item