Kajian Tingkat Kepuasan Pemilik Proyek (Owner) terhadap Kinerja Kontraktor pada Pekerjaan Jasa Konstruksi (Studi Kasus: di Bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat)

Putra, Warham Eka (2022) Kajian Tingkat Kepuasan Pemilik Proyek (Owner) terhadap Kinerja Kontraktor pada Pekerjaan Jasa Konstruksi (Studi Kasus: di Bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WARHAM_EKA_PUTRA_17323014_1071_2022.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya beberapa pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pasaman Barat yang belum sesuai dengan standar kinerja proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemilik proyek (owner) terhadap kinerja kontraktor dalam rangka mengoptimalisasi kinerja proyek pada pekerjaan jasa konstruksi di dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah proyek konstruksi yang satuan kerjanya di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat. Responden pada penelitian ini yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat yang diwakili oleh kepala dinas, sekretaris dinas, kepala bidang, kepala seksi, dan pengawas lapangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probabilistic sampling yaitu pengambilan sampel tidak acak dengan cara purposive sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui angket yang disebar langsung kepada responden penelitian. Angket disusun dengan menggunakan skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan rumus Derajat Pencapaian (DP). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pemilik proyek (owner) terhadap kinerja kontraktor pada pekerjaan jasa konstruksi di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat berada dalam kategori cukup puas. Hal ini dibuktikan oleh hasil analisis terhadap seluruh subindikator penelitian yang menghasilkan kategori cukup puas dengan nilai Derajat Pencapaian (DP) dari seluruh subindikator sebesar 65, 56%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:33
Last Modified: 17 Oct 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40409

Actions (login required)

View Item View Item