Pengaruh Media Tanam Lumut dan Cocopeat terhadap Pertumbuhan Akar pada Pencangkokan Tanaman Buah Ajaib (Synsepalum dulcificum) (Schum. et Thonn.) Daniell

Aftafia, Riana (2022) Pengaruh Media Tanam Lumut dan Cocopeat terhadap Pertumbuhan Akar pada Pencangkokan Tanaman Buah Ajaib (Synsepalum dulcificum) (Schum. et Thonn.) Daniell. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RIANA_AFTAFIA_18032037_2374_2022.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Synsepalum dulcificum (Schum. et Thonn.) Daniell merupakan tanaman asli tropis yang banyak ditemui di Indonesia. Kendala yang sering dihadapi dalam perbanyakan dengan mencangkok adalah kondisi media yang kurang sesuai. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian tentang pengaruh media tanam lumut dan cocopeat terhadap pertumbuhan akar pada pencangkokan tanaman buah ajaib (Synsepalum dulcificum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam lumut dan cocopeat dan membuktikan pertumbuhan akar pada pencangkokan tanaman buah ajaib (Synsepalum dulcificum) pada media lumut lebih tinggi dibandingkan media cocopeat. Penelitian ini dilakukan dari bulan Desember 2021 hingga bulan Februari 2022 di tempat pembibitan bonsai yang berada di jalan Bandes, Parak Jigarang, Kec Kuranji, Kota Padang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 6 pengulangan. Faktor yang diuji adalah macam media cangkok yang terdiri dari media lumut, cocopeat dan tanah. Data dianalisis menggunakan Anova dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lumut memberikan hasil yang tertinggi pada jumlah akar dan rata-rata panjang akar. Jumlah akar pada perlakuan media lumut berbeda dengan media cocopeat dan tanah, tetapi perlakuan media cocopeat tidak berbeda dengan media tanah. Rata-rata panjang akar pada perlakuan menggunakan media lumut berbeda dengan media cocopeat dan tanah, tetapi perlakuan media cocopeat tidak berbeda dengan media tanah. Dengan demikian, penggunaan media lumut dan cocopeat berpengaruh terhadap pertumbuhan cangkokan tanaman buah ajaib (Synsepalum dulcificum), yang mana media lumut memiliki jumlah akar dan rata-rata panjang akar yang lebih tinggi dibandingkan dengan media cocopeat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:56
Last Modified: 21 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39802

Actions (login required)

View Item View Item