Sapitri, Yunia (2022) Alih Aksara dan Alih Bahasa Teks Hikayat Wasiat Luqman al-Hakim. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_2_YUNIA_SAPITRI_18017133_573_2022.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk: (a) menyajikan bentuk deskripsi naskah Hikayat Wasiat Luqman al-Hakim,(b) menyajikan bentuk alih aksara teks Hikayat Wasiat Luqman al-Hakim, (c) menyajikan bentuk alih bahasa teks Hikayat Wasiat Luqman al-Hakim. Jenis penelitian ini adalah penelitian filologi. Objek penelitian ini adalah naskah Hikayat Wasiat Luqman al-Hakim. Metode yang digunakan adalah metode filologi, yaitu: (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap deskripsi naskah, (3) tahap alih aksara, dan (4) tahap alih bahasa. Hasil dari penelitian ada tiga, yaitu: (1) deskripsi naskah Hikayat Wasiat Luqman al-Hakim; (2) alih aksara teks dilakukan dari aksara Arab-Melayu ke bahasa Latin dengan menggunakan pedoman alih aksara; (c) alih bahasa teks dilakukan dari bahasa Melayu ke bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Naskah Hikayat Wasiat Luqman al-Hakim berisi penjelasan tentang seorang hamba Allah yang bernama Luqman al-Hakim. Luqman adalah seorang hamba Allah yang mendapatkan hikmah dari Allah yaitu kesempurnaan diri berupa ilmu pengetahuan dan selalu mengedepankan hal-hal yang utama. Luqman al-Hakim menyampaikan hikmah pengetahuan yang ia dapatkan tersebut kepada anaknya dalam bentuk nasihat-nasihat. Semua pelajaran yang diajarkan kepada putranya itu memiliki hikmah dan maknanya tersendiri dalam menjalani kehidupan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ALIH AKSARA, ALIH BAHASA, TEKS HIKAYAT |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 07:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 07:47 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39389 |
Actions (login required)
View Item |