Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Diskusi dan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping.

Putri, Dhiyan Ahyasara (2022) Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Diskusi dan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DHIYAN_AHYASARA_PUTRI_17016056_1240_2022.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan menyimak teks diskusi dengan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022, yaitu sebanyak 305 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 45 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak teks diskusi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks diskusi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak teks diskusi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks diskusi siswa. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 77,67. Kedua, keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82,31. Ketiga, adanya korelasi keterampilan menyimak teks diskusi dan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping dengan hasil pengujian membuktikan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,756 > 0,294. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak teks diskusi memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks diskusi. Semakin baik keterampilan menyimak teks diskusi (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks diskusi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan menyimak yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENYIMAK, MENULIS, TEKS DISKUSI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:50
Last Modified: 22 Aug 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39243

Actions (login required)

View Item View Item