Interaksi Suku Anak Dalam Talang Mamak dengan Masyarakat Pendatang di Desa Suo-suo Kecamatan Sumai, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Sari, Desi Intan Ratna (2022) Interaksi Suku Anak Dalam Talang Mamak dengan Masyarakat Pendatang di Desa Suo-suo Kecamatan Sumai, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DESI_INTAN_RATNA_SARI_15045091_1010_2022.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tujuan penelitian yang terhimpun dalam pokok masalah yaitu: bagaimana interaksi sosial suku anak dalam talang mamak dengan masyarakat pendatang di Desa Suo-suo Kecamatan Sumai Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan pemilihan informan dengan teknikpurposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat suku anak dalam talang mamak dengan masyarakat pendatang yang berjumlah 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dilapangan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, alat tulis, kamera, alat perekam, dan buku catatan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahaan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalampengamatan dan triangulasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: 1) hubungan interaksi sosial yang terjadi anatara masyrakat suku anak dalam talang mamak dengan masyarakat pendatang di Dea Suo-suo terjalin dengan baik dan harmonis, karena mereka bekerja sama dan bergotong royong untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dilingkungan tempat tinggal mereka. 2) komunikasi anatara masyarakat suku anak dalam dengan masyarakat pendatang mulai baik karena mereka sudah diajarkan Bahasa Indonesia, dimana sebelumnya pernah terjadi konflik di antara mereka yaitu kesalah pahaaman karena tidak saling mengertinya bahasa yang digunakan antar mereka. Dan pernah juga terjadi konflik antara mereka karena salah satu masyarakat suku anak dalam tidak suka hidup berdampingan dengan masyrakat pendatang dan tidak percaya, hal itu yang membuat masyarakat pendatang marah karena mereka sudah susah payah membantu suku anak dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:01
Last Modified: 19 Aug 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39221

Actions (login required)

View Item View Item