Analisis Dinamika Luasan Danau dan Tutupan Lahan Sempadan Danau Kerinci terhadap Perilaku Masyarakat di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

Putra, Dede Purnama (2022) Analisis Dinamika Luasan Danau dan Tutupan Lahan Sempadan Danau Kerinci terhadap Perilaku Masyarakat di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DEDE_PURNAMA_PUTRA_17136042_347_2022.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap kondisi Danau Kerinci saat ini telah mengalami perubahan pada luasan danau dan alih fungsi lahan sempadan danau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika luasan danau dan jenis tutupan lahan sempadan danau di Danau Kerinci dari tahun 2000 sampai tahun 2020 dan untuk mengetahui perilaku masyarakat terhadap dinamika luasan danau dan jenis tutupan lahan sempadan danau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yaitu dengan mencari informasi gejala yang ada, didefenisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai, merencanakan cara pendekatannya, mengumpulkan data sebagai bahan untuk pembuatan karya ilmiah. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak berstrata berjumlah 30 orang yang terdiri dari 9 desa yang berada di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriiptif dan teknik analisis keruangan interpretasi citra. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dinamika luasan danau dan tutupan lahan sempadan danau cukup bervariasi. Dari tahun 2000 sampai 2020 danau selalu mengalami perubahan serta jenis tutupan lahan sempadan danau seperti belukar, belukar rawa, pemukiman, sawah dan tempat wisata. Alih fungsi lahan terjadi juga diantaranya rawa menjadi pemukiman, rawa menjadi sawah, sawah menjadi pemukiman dan lain sebagainya. Perilaku masyarakat sekitar danau terhadap alih fungsi lahan antara lain yang dulunya rawa belukar masyarakat disana memanfaatkan untuk dijadikan lahan belukar rawa itu menjadi sawah baru dan ada juga berubah menjadi lahan perumahan maupun pertokoan setelah ditimbun, dulunya sawah luas yang berubah sekarang menjadi belukar rawa yang penuh dengan eceng gondok, sampah yang bertumpukan serta semak liar tepi danau dimanfaatkan lagi untuk dijadikan lahan sawah baru dan ada juga berubah menjadi lahan tambang pasir baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUTUPAN LAHAN SEMPADAN DANAU, PERILAKU MASYARAKAT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:07
Last Modified: 16 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39200

Actions (login required)

View Item View Item