Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Putri, Reza Marta (2021) Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_REZA_MARTA_PUTRI_16052023_721_2021.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu dan telah melampaui masa studinya (waktu normal 4 tahun). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan mahasiswa prodiPPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dalam penulisan skripsi serta untuk mengetahui upaya mengatasi hambatan dalam penulisan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei.Data diperoleh dengan menggunakan angket/kuesioner dan data pendukung dari wawancara.Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 182 orang dan jumlah sampelnya 33 orang dari mahasiswa program studi PPKn Fakultas Ilmu Sosial UNP yang mengambil mata kuliah skripsi. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh bahwa hambatan dalam penulisan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di tinjau dari faktor internal dan faktor eksternal.Hambatan dalam penulisan skripsi yang lebih dominan disebabkan dari faktor internal dibandingan dengan faktor eksternal. Pada hambatan faktor internal yang dominan yaitu dari hambatan psikis pada sub indikator kognitif dengan persentase sebanyak 69%. Sedangkan pada faktor eksternal hambatan bimbingan yang lebih dominan sub indikator pembimbing dengan jumlah persentase 66%. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam penulisan skripsi diantaranya pada faktor internal yaitu memahami penulisan karya ilmiah, memotivasi diri. Sedangkan pada faktor eksternal upaya yang dapat dilakukan yaitu melakukan komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing dalam menentukan jadwal bimbingan, persediaan buku yang banyak dari pihak kampus, dukungan dari keluarga, bantuan, solusi dan saran dari senior dan teman-teman yang telah menyelesaikan skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENULISAN SKRIPSI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:20
Last Modified: 03 Aug 2022 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39007

Actions (login required)

View Item View Item