Daya Tarik BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia dalam Membentuk Perilaku Mahasiswa Berbelanja Online

Alrasid, Muhammad Ilham (2021) Daya Tarik BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia dalam Membentuk Perilaku Mahasiswa Berbelanja Online. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MUHAMMAD_ILHAM_ALRASID_16058102_5173_2021.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan daya tarik BTS sebagai brand ambassador tokopedia dalam membentuk perilaku mahasiswa berbelanja online. Latar belakang penelitian ini bermula dari beberapa mahasiswa yang tegabung di Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang (UKKPK UNP) yang menyukai belanja online dan mengidolakan artis Korea. Pada tahun 2019 BTS menjadi brand ambassador dari sebuah toko online berasal dari Indonesia yang kita kenal dengan Tokopedia. Karena hal itu mahasiswa tersebut berbelanja online didasarkan daya tarik BTS sebagai brand ambassador. Perilaku berbelanja online mahasiswa yang didasarkan daya tarik BTS karena mereka ingin mendukung idolanya yang menjadi brand ambassador. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu pertanyaan bagaimana BTS sebagai Brand ambassador tokopedia menjadi daya tarik bagi mahasiswa dalam membentuk perilaku mahasiswa berbelanja online. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui Teori Interaksionisme Simbolik dari Herbert Blumer dan koleganya George Herbert Mead. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus dengan teknik pengumpulan informan adalah dengan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analsisis data dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Lokasi penelitian ini di sekitaran sekretariat UKKPK UNP. Hasil penelitian menunjukkan perilaku berbelanja online via aplikasi tokopedia oleh mahasiswa UKKPK UNP dengan daya tarik BTS sebagai brand ambassadordilatarbelakangi oleh; 1) membentuk kelompok, 2) menabung 3) mengikuti tren, 4) mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Sedangkan BTS sebagai brand ambassador menjadi daya tarik bagi mahasiswa berbelanja onlinekarena; 1) bentuk dukungan kepada idola, 2) agar terlihat sama dengan idolanya, 3) mendapatkan perasaan bahagia. Selanjutnya alasan mahasiswa berbelanja online; 1) praktis dan hemat waktu; 2) lebih murah karena banyak voucher dan diskon; 3) barang lebih bervariatif dan bisa memberikan rating dan review.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERILAKU SOSIAL, BRAND AMBASSADOR, BELANJA ONLINE, MAHASISWA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:15
Last Modified: 26 Jul 2022 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38877

Actions (login required)

View Item View Item