Fitri, Upik Rahma and Desnita, Desnita and Handoko, Erfan (2015) Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1 (1). pp. 47-54. ISSN Print: 2461-0933
|
Text
4 DESNITA Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry 30-Article Text-89-2-10-20170714.pdf Download (506kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang bertujuan mengembangkan Modul berbasis Discovery Inquiry untuk fisika SMA kelas XII semester 2 ini merupakan penelitian yang didasarkan bahwa siswa SMA belum sepenuhnya mendapat fasilitas pemenuhan kebutuhan yang mencukupi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Dalam pelaksanaan penelitian secara garis besar penelitian pengembangan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Teoritik dan Empiris. Hasil penelitian ini adalah sebuah modul yang sudah dikembangkan dan dapat digunakan oleh siswa SMA atau sederajat yang akan melakukan pembelajaran fisika secara mandiri tentang inti atom dan radioaktivitas. Dari hasil uji validasi ahli didapatkan hasil yang dikelompokan menjadi 3 yaitu penilaian dari ahli media sebesar 81%, ahli materi sebesar 83,6%, dan validasi guru profesional dengan hasil 90%. Implementasi modul di SMAN 9 Jakarta menunjukkan bahwa modul telah mampu menigkatkan nilai kognitif siswa dengan peningkatan sebesar 10,23 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, modul yang dikembangkan yaitu berbasis Discovery Inquiry telah memenuhi kriteria modul sehingga dapat digunakan pada pembelajaran mandiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 30 May 2022 07:21 |
Last Modified: | 30 May 2022 07:21 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38013 |
Actions (login required)
View Item |