Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Keterampilan 4C pada Materi Teori Kinetik Gas

Putri, Nadya Sari (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Keterampilan 4C pada Materi Teori Kinetik Gas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NADYA_SARI_PUTRI_17033027_5802_2021.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada abad ke 21 ini siswa didorong untuk memiliki pemahaman konsep dan keterampilan 4C sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Faktanya di lapangan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi teori kinetik gas masih tergolong rendah. Salah satu solusi yang dapat mengatasi rendahnya pemahaman konsep dan keterampilan 4C pada siswa pada materi teori kinetic gas yaitu mengembangkan multimedia interaktif berbasis konflik kogntif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik produk multimedia, mengetahui validitas, kepraktisan dan efetivitas produk pada ujicoba small group. Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan (Development/Design Research) menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapannya ada 3 yaitu 1) Preliminary Research, 2) Develop and Prototyping Phase, 3) Assessment Phase, namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap Develop and Prototyping Phase pada tahap small grup. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes konsep serta lembar penilaian kinerja keterampilan 4C. Validasi dilakukan tenaga ahli oleh dosen fisika FMIPA, sumber data kepraktisan one to one dan small grup, sumber data efektifitas dari siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 13 Padang. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakan V Aiken, kepraktisan produk menggunakan teknik persentase, serta efektifitas pemahaman konsep dan keterampilan 4C menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian pada tahap Preliminary Research diperoleh hasil pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi Teori Kinetik Gas tergolong rendah. Pada tahap Development or Prototype Phase diperoleh hasil didesain multimedia interaktif berbasis konflik kognitif dengan karakteritik disusun berdasarkan 4 sintak model konflik kogitif dan menggunakan aplikasi Adobe Animate CC 2019. Hasil validasi oleh tenaga ahli dengan kategori sangat valid yaitu 0,82. Hasil uji kepraktisan yaitu pada tahap self evaluation dengan hasil sangat baik dengan nilai 96, tahap one to one dan small group diperoleh hasil 88 dan 82 dengat kategori sangat baik, Hasil uji efektivitas diperoleh multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa. Dengan demikian penggunaaan multimedia interaktif berbasis konflik kognitif valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada uji coba small group.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:59
Last Modified: 13 Apr 2022 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37639

Actions (login required)

View Item View Item