Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Geogebra Classroom Pada Materi Program Linear U ntuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik

Amalia, Nadya (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Geogebra Classroom Pada Materi Program Linear U ntuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NADYA_AMALIA_17029107_5381_2021.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD menggunakan geogebra classroom pada materi program linear. Setiap LKPD memuat indikator-indikator kemampuan representasi matematis yang dibutuhkan pada materi program linear. Pengembangan LKPD ini dilakukan karena pada penelitian pendahuan ditemukan fakta bahwa kurang adanya bahan ajar yang memadai untuk digunakan peserta didik yang dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematisnya, terutama pada kondisi pembelajaran daring yang disebabkan oleh pandemic covid-19 saat ini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, kurikulum, konsep dan peserta didik untuk memperoleh gambaran mengenai LKPD yang akan dikembangkan. Lalu pada tahap prototyping stage dilakukan pengembangan/perancangan LKPD. Selanjutnya dilakukan evaluasi formatif yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group danfield test untuk mengetahui kevalidan dan kepratisan dari LKPD. Tahap terakhir yaitu assessment phase, yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari LKPD yang dirancang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD menggunakan geogebra classroom yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid dilihat dari aspek penyajian, isi, bahasa, kegrafikan dan aspek geogebra. Praktis dilihat dari aspek penyajian, kemudahan penggunaan, keterbacaan, dan efisiensi waktu. Efektif dilihat dari perbandingan basil pre-test dan post-test yang menunjukkan peningkatan serta rata-rata hasil post-test, sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD berdampak terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:43
Last Modified: 08 Apr 2022 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37564

Actions (login required)

View Item View Item